Tuesday, March 27, 2012

CT Scan!

Alhamdulillah akhirnya selesai juga aku CT Scan. Ini adalah salah satu rangkaian pemeriksaan dari Pneumonia yang aku idap tapi gak ngerasa.. Heheheh.. Jadi, tindakan medis yang udah aku lakukan selain konsultasi ke tiga orang dokter, aku tes darah 2x, tes sputum (dahak) 2x, rontgen 2x, dan yang terakhir CT Scan tadi.. CT Scan ini bisa dibilang tindakan terakhir untuk memastikan ada apa sih sebenarnya di paru-paruku? Dan juga untuk mengetahui penyebab kenapa aku sekarang sensitif banget sama batuk dan kalo udah batuk sembuhnya lama banget.. Lalu hasil dari CT Scan tadi adalah... aku nggak ngerti karena istilah kedokteran semua. Hiyaaaa.. Hasilnya langsung dibawa Ibu ke Bandung untuk dikonsultasikan ke dokterku yang di Bandung.. Tapi kalo kata tetanggaku yang kerja di bagian radiologi, kesimpulan aku tadi sih katanya baik-baik aja, gak ada yang perlu dikhawatirkan.. Amien.. Semoga emang kayak gitu yaaa.. :)


CT Scanner di RSCM

Mau cerita dikit tentang CT Scan ah.. ^^ Sebelum tindakan CT Scan dilakukan, terlebih dahulu dilakukan konsultasi dengan dokter apakah kita menderita suatu penyakit tertentu seperti gagal jantung, gagal ginjal, diabetes, asam urat, dll.. Lalu juga ditanya apakah kita punya alergi dengan obat maupun makanan.. Hal itu dilakukan karena untuk pemeriksaan CT Scan dengan kontras, tubuh kita harus dimasukkan zat radioaktif. Zat radioaktif tersebut bisa dimasukan ke tubuh dengan cara diminum ataupun diinfus. Untuk mengetes alergi, tangan kita disuntik suatu cairan. Kalau dalam beberapa menit tangan kita merah, bengkak, dan gatal, kemungkinan kita alergi dengan suatu obat. Yang terjadi pada aku tadi, waktu tangan kananku disuntik, beberapa menit kemudian tanganku langsung merah dan sedikit gatal kaya luka baru mau kering gitu.. Terus dicoba dites di tangan kiri, berbeda dengan tangan kanan, tangan kiriku baik-baik aja, gak ada reaksi apa-apa.. Nah, ketika tindakan CT Scan akan dilakukan, aku disuruh ganti baju dulu. Trus tiduran di alat-nya.. Lalu aku diinfus untuk dimasukkan zat radioaktif tadi. Rasanya? Yaaaa gitu deh.. Hangat dan lama kelamaan jadi panas tubuhnya.. Terus ya udah, alat CT Scan tersebut bekerja.. Digerakkan beberapa kali untuk diambil fotonya.. Ternyata cuma sebentar, sekitar 5 menit saja.. Hasilnya biasanya akan keluar sekitar 5 - 6 jam kemudian.. :)

2 comments:

  1. berapa biaya CT SCN,,,, ? karena akhir-akhir ini saya menarik nafas panjang seperti ada yang menyumbat, kadang bisa kadang tidak, yang lebih aneh lagi di bahwa tenggrokan ku sperti ada yang mengganjal trus seolah-olah berjalan nurun naik ke dada kanan. apakah dengan cara CT scan bisa diketahui. ? dengann ronsen saya di anggap bronkhitis, boleh seringnya melalui email. ; musafiralbantani@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ct scan thorax di rscm Rp. 3,3 juta.
      coba dikonsultasikan saja ke dokternya.

      Delete

i'm so glad if you comment this post. But no 'Anonymous' please..
thank's.. :)

Instagram @tiariph