Wednesday, May 22, 2013

Akhirnya Saya Bisa ke Seoul!

Sesuai janji, saya bakal posting gimana ceritanya saya bisa berangkat ke seoul.

Jadi, awal tahun 2013 ada undangan workshop dari RRA Korea. Ini adalah workshop yg rutin mereka selenggarakan setiap tahun. Mereka minta dua orang delegasi dari Indonesia. Tahun lalu juga begitu. Mereka minta 2 nama, Satker saya kirim 3 nama dan ternyata semuanya disetujui. FYI, workshop ini dibiayai oleh pihak korea sana. Jadi kita tinggal bawa diri aja. Nah, berdasarkan pengalaman tahun ini, atasan saya kirim 3 nama lagi dan saya jadi nominasi ketiga.

Hasilnya diumumkan bulan April lalu dan saya gak lolos. Tahun ini mereka hanya ambil 2 nominasi saja. Ya sudah, saya juga gak terlalu ngoyo harus ke Korea.

Hari Jumat malam jam 9 lebih, saya di sms oleh Bos. Dia bilang si nominasi 2 batal berangkat dan nyuruh saya siap2. Respon saya waktu itu

"pengurusan administrasinya apa tidak terlalu mepet bu?"

Saya kaget. Ya bayangin aja, itu udah malem sabtu. Dan harus berangkat hari rabu malam. Rasanya tidak mungkin. Apalagi pemegang paspor biru. Banyak izin yg harus diurus sampai ke Kemsetneg.

Hari sabtunya, saya sibuk berhubungan dengan panitia di Korea. Saya melengkapi segala berkas yg mereka butuhkan. Sampai-sampai saya haru berangkat ke Jkt hari Minggu pagi. Biasanya saya berangkat setiap Minggu sore dari Bandung.

Hari Minggu, saya rempong lagi. Urus ini itu. Pokoknya apa pun yg bisa saya selesaikan hari Minggu ya saya selesaikan. Rempong deh pokoknya.

Hari Senin, saya harus dinas ke Jogja seharian sama Bos. Urusan administrasi dibantuin sama Vidya dari kantor. Kami terus koordinasi. Saya yaa nothing to loose aja sih. Mepet banget coy.

Hari Selasa. Bener-bener deh yaa.. Kerja di pemerintahan ya harus terbiasa dengan birokrasi dong. Agak panjang yah urutan proses kalo PNS mau dines ke luar negeri. Karena ini sudah sangat mendesak, saya dan bos langsung menghadap pak sekjen di ruangannya. Alhamdulillah walopun beliau juga sanksi saya bisa berangkat dia tetep membubuhkan tanda tangan saktinya.

Urusan di internal kantor beres. Tinggal di Kemlu & Setneg nih. Utk dua itu, saya menyerahkan ke temen kantor saya yg emang udah biasa ngurus ini.

Malemnya, entah jadi berangkat atau gak, saya tetep packing. Prepare utk 10 hari. Hehehe..

Hari Rabu. Harap-harap cemas nungguin kabar. Temen saya yg lain bilang kalo surat dari setneg udah turun. Trus saya konfirmasi lagi ke temen saya yg bantuin ngurus, kata dia belom beres masih diusahakan terus. Err.. Mana yg bener yah..

Sekitar jam 2 siang temen saya ngabarin kalo ijin saya udah keluar. Tapi.. Ada masalah di tiket.. Kalau sesuai jadwal, seharusnya saya kembali ke indonesia tgl 1 juni. Tapi saya gak dapet, masih masuk Waiting List. Jadi sementara ini saya beli tiket untuk tgl 2 Juni. Karena saya harus extend 1 hari, panitia gak bisa nanggung. Yaaa terpaksa saya nombok atau.. Numpang di temen-temen yg lagi kuliah di Seoul. :)

And finally.. Tadi malem saya terbang ke Seoul dan baru sampai tadi pagi. Alhamdulillah..

Ada cerita odong waktu saya baru sampe di Incheon. Nanti deh di post selanjutnya.. Kasian ini udah kepanjangan... Hihihi

1 comment:

  1. selamat yaaa Tiari
    huaa iriiii
    hihihi

    btw aku ada temen di Korea, nanti kalo perlu penginapan hub twitter akuh aja :)

    ReplyDelete

i'm so glad if you comment this post. But no 'Anonymous' please..
thank's.. :)

Instagram @tiariph