Friday, August 22, 2014

Photobook Project #1

Baiklah, mari kita lewati hari sedih dengan sesuatu yang bikin senyum: photobook!

Setelah gue dengan cupunya baru tahu kalo ada jasa pembuatan photobook online, lalu mulai coba-coba bikin tapi kebingungan dan ngerasa nggak kreatif. Ahirnya gue bikin juga project photobooknya keluarga kecil Tiari & Irwan. Penasaran banget pengen nyobain.

Photobook pertama ini adalah photobook prewedding kita dulu, 2 tahun yang lalu. Waktu gue masih kurus. Berhubung dulu duitnya ngepas untuk resepsi, jadi paket prewedding kita ngambil paket yang minimalis tanpa album, cuma cetak ukuran 16R aja 2 biji untuk di venue. Sisanya, kita harus cetak sendiri untuk kepentingan dan keindahan pas resepsi. Ya udah, album preweddingnya dipending dulu, mendem aja di HD. Sampe 2 tahun lamanya. Hahahaha.

Awalnya, binguuung banget nentuin mau gimana desain photobook kita. Selain bingung milih dari ribuan foto, juga bingung milih ukuran, layout, background, teks, etc, etc. Searching di Pinterest OMG bagus-bagus amat yaaa... Malah makin bingung dan mandeg karena ga sekreatif yang di Pinterest. Lah, bukannya ngasih ide ya. Hihihi.

Tadinya, kita pilih yang ukuran A4 landscape. Eh tapi liat di Pinterest photobook dengan bentuk square kok bagus juga. Akhirnya kami pun memutuskan bahwa photobook pertama kami akan berbentuk square dengan ukuran 30 x 30 Cm. Haiyaaaa berubah lagi.

Kelamaan bimbang akhirnya langsung hajar, pilihin aja dulu fotonya. Masalah layout, desain, dll belakangan aja. Daaaan, ini dia sneak peak photobook pertama kami! 




Akhirnya gue pilih bikin di Wonderbook, alasannya simpel aja karena tempatnya di Bandung. Photobooknya belum kelar, masih belum tahu juga bakal jadi berapa halaman. So far baru 2 tema prewedding yang udah jadi, masih ada 3 tema lagi. Selama bikin, ternyata gue keasyikan dan ketagihan. Kuncinya adalah ya buat aja. Background, tema, dll bisa menyesuaikan selama pembuatan. Kalo gue, yang pertama dikerjain adalah milih foto. Abis itu coba dilayout. Cari layout yang pas. Dari situ baru keliatan apakah tone warnanya udah seragam apa belum. Baru deh fotonya diedit (gue ngedit pake photoscape, biar gampang). kalo fotonya tetep di save (bukan di save as, ya!) foto yang ada di layout wonderbook bakal berubah sendiri sesuai editan kita tadi. Untuk background, gue mau ini bagian terakhir aja, biar pas sama layout dan fotonya. Kemungkinan besar gue akan tetap membiarkan backgroundnya berwarna putih. Kita lihat aja nanti bagusnya gimana. 

Doakan semoga gue konsisten ngerjainnya supaya photobook #1 cepet kelar dan bisa lanjut ke photobook #2 dengan tema selanjutnya!

Happy weekend!


1 comment:

  1. Waaaa.. jadi ga sabar pingin liat hasil jadinya niiih..^^

    ReplyDelete

i'm so glad if you comment this post. But no 'Anonymous' please..
thank's.. :)

Instagram @tiariph