Saturday, June 8, 2013

Seoul Trip Day 5 - Presentation and Discussion

Senin, 27 Mei 2013.

Waktunya kembali ke kelas untuk belajar.. *sigh*  *masih euphoria ke Lotte World kemarin* :))

Hari ini, seperti biasa, kalo pagi ada Lecture di kelas.. Belajar lagi.. Hihiiiy...



Setelah makan siang, ada sesi presentasi. So, this was the time! Jadi sebelum workshop ini dimulai, setiap negara wajib mengirimkan country report yang nanti akan dipresentasikan di hadapan para lembaga sertifikasi perangkat baik milik pemerintah Korea atau pun yang dikelola oleh swasta.. 

Indonesia dapet giliran pertama lhooo... Dan untuk presentasi sesi pertama ini diwakili oleh Kanjeng Mami.. :)

Hidup INDONESIAAAA!


Para peserta seminar.. banyak yaaa..

Saya kira, semua negara wajib mempresentasikan country report-nya.. Ternyata cuma 4 negara aja, yaitu Indonesia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. Kurang tahu juga ya atas pertimbangan apa kenapa cuma 4 negara ini yang presentasi?



Malamnya, ada acara special banquet sama perusahaan-perusahaan tadi.. Tadinya acara ini akan diselenggarakan di rooft top RAPA. Berhubung seharian itu Seoul hujan... Jadi acaranya dilakukan di auditorium.. >.<



Di akhir acara special banquet, ada presentasi lagi.. Kali ini saya yang mewakili Indonesia. Asek! *gaya lu, Ti...*

Ciyeee Tiari ciyeeee... Ciyeee bawa contekan ciyeeee..

with Mr. Alan from HCT

Barusan ada yang protes karena saya kurang detail postingnya.. *injek Mas Luhur*. Jadiiii, presentasi yang kedua ini semacam simulasi gitu.. Misalnya, ada suatu perusahaan HP mau memasarkan produknya ke negara para peserta.. Nah, HP itu harus disertifikasi dulu kan.. Untuk melakukan sertifikasi tersebut, syarat-syarat apa saja yang dibutuhkan? Lalu negara kita punya testing laboratory sendiri atau nggak? Trus berapa lama waktu sertifikasinya? Lalu biayanya kira-kira berapa? Trus ada berapa jenis sertiikat? Kalo untuk HP sertifikat jenis apa?

Saya yang pekerjaan sehari-harinya sama sekali gak berhubungan dengan sertifikasi sebenernya agak panik yaaa.. But hey, apa gunanya ada Google? Beberapa menit sebelum presentasi saya cari contekan dulu.. Alhamdulillah semuanya lengkap tersedia di website-nya balai uji milik MCIT dan PT Telkom.. Heuheu.. Makanya tuh saya bawa notes yang isinya contekan biar gak malu-maluin.. :))

Yeah, that's all for 5th day!

Cheers,

Tiari (mulai mabok masih banyak hutang posting >.<)



No comments:

Post a Comment

i'm so glad if you comment this post. But no 'Anonymous' please..
thank's.. :)

Instagram @tiariph