Thursday, June 6, 2013

Seoul Trip Day 1 - 1st Time Arrive at Incheon Int'l Airport

Setelah kemarin nyatet daftar utang posting yang gak pernah habis.. Kali ini mau nyicil bayar ah.. Tapi bayarnya gak berurutan *seperti biasa* yaaa.. Mari kita mulai dari trip yang paling fresh from the oven : workshop in Seoul. Hihiiiy.. :)

Sesuai janji di sini,  this post will specifically tell about my 1st time arrive at Incheon Int'l Airport. Postingan ini bakal panjang. Yang mau ambil cemilan dulu, boleh lhooo... :)

Seharusnya seluruh peserta workshop sudah sampai di venue sejak kemarin (22 Mei 2013). Tapi karena ada kesalahan teknis (baca : salah beli tiket), delegasi Indonesia baru sampai di Korea tanggal 23 Mei 2013 yang mana harusnya workshopnya udah mulai. Err.. tapi kalo Kanjeng Mami gak salah beli tiket, saya gak jadi berangkat kali yaa.. Mana keburu ngurus administrasinya kalo cuma dalam 2 hari.. Aaah, emang ya selalu ada hikmah dari setiap kejadian. :')

Sesampainya kami di Incheon (sekitar jam 8.45), tempat pertama yang kami cari adalah.... toilet. Untuk cuci muka, sikat gigi, dandan, dll sebelum langsung ikutan workshop seharian.  Kelar dandan-dandan kece (tapi gak mandi), barulah kami selesaikan segala urusan administrasi dari mulai imigrasi, baggage claim, dll, dll. 

Kesan pertama sampai di Incheon.. yaaa tentunya lebih oke dari Soeta yaa.. bersih dan teratur. Tapi saya nggak sempet foto-foto dan gak kepikiran jugaaa.. Hahaha.

Oke, urusan bandara beres. Di pintu keluar, terlihatlah mba-mbak kece memakai rok mini. Dandanannya lucu, oke khas abege korea *halah*. Dia bawa kertas gede bertuliskan nama saya & Kanjeng Mami. Langsung kami menemui dia, kenalan dan basa-basi bentar.Unfortunately, saat saya ngetik post ini, saya lupa namanya.. :(

Sesuai dengan arahan di email, sesampainya kami di Korea, mereka akan langsung mengantarkan kami ke KBRI di Seoul untuk minta cap tanda tiba (birokrasi oh birokrasi, ckck). Terus, si Mbak Rok Mini nganterin kami ke shelter bus. Kanjeng Mami cuma nanya, "kita mau ke Embassy kan?" dan si Mbak Rok Mini cuma ngangguk senyum. Menurut jadwal yang tertera di situ, bus akan datang 20 menit lagi. Ya udah, kita tunggu lah tuh si bus tanpa banyak ngobrol sama si Mbak Rok Mini.. Kita masih capek juga lagian..

bus yang kami tunggu, No 6018

20 menit kemudian, busnya dateng. Busnya on time, cin! *ya emang di Indonesia pake jam karet..*. Koper-koper dimasukin ke bagasi bus, lalu saya dan Kanjeng Mami naik. Tapi si Mbak Rok Mini kok gak naik?? Pas pintu busnya nutup, dia malah dadah-dadah.. Trus busnya jalan...

Di bus... Saya dan Kanjeng Mami bingung. Kami pikir, si Mbak Rok Mini bakal ikut nganterin kita ke Embassy. Lah ini kok gak ngomong atau pesen apa-apa eh tau-tau dadah-dadah. Lah, ngana pikir aye apal jalanan korea Mbaaaak?

Waktu kita lagi ngurusin koper masuk bagasi sih, saya liat si Mbak ngomong ke sopir busnya. Gak tahu ngomong apaan tapi, pake bahasa Korea.. Mana gue ngarti.. :((

Kanjeng Mami yang walopun udah 4x ke Korea juga ga bisa membantu. Selama ini dia selalu dibantuin orang KBRI, langsung dijemput ke airport. Dia panik, apalagi saya. Kami bingung, kami harus turun dimana? Saya udah nyatet alamat KBRI sih, tapi emang saya tahu lokasi persisnya dimana? Enggak kaaan? 

Terus, kalopun bus yang kami tumpangi itu langsung lewat KBRI, nah dari KBRI ke tempat workshopnya piye? Kan kita harus langsung ikut workshop.. Trus koper-koper kitaaa? Aaaakk.. Panik panik!

Di saat panik seperti itu.. satu nama yang saya ingat : Mas Luhur Pidekso Arif alias Mas Arif alias Ka' Luhur (ka handap *apeu*). Jadiiii, Mas Luhur ini adalah temen kantor saya yang lagi S2 di Korea University. Sebelum saya berangkat, Mba Diana ngasih nomernya. Tadinya siiih, saya minta tolong Mas Luhur untuk ke KBRI, tapi gak jadi karena katanya mau dianterin panitia. Hadeeeuh, kalo ternyata kami malah panik gini, mending Mas Luhur aja ya yang ke KBRI. Huahahaha..

Saya whatsapp Mas Luhur, cerita apa yang sedang kami alami. Saya juga sms ke panitia yang selama ini berhubungan dengan saya, namanya JungA Hwang. Gak lama kemudian, ada sms pake tulisan Hangeul. Saya kira itu JungA Hwang. Pas saya lagi bales, bilang kalo saya ga bisa baca Hangeul, ada yang telepon pake no Korea. Karena panik dan saya kira itu JungA Hwang saya angkat teleponnya... Ternyata itu Mas Arif (atau Mas Luhur, sama aja).. Neleponnya lumayan lama.. Ngasih tau yang intinya shelter bus itu masih jauh kalo ke KBRI.. Aaaak, makin paniiik..

Selesai telponan, saya cek pulsa. Hiks, kena roaming 130 ribu rupiah. Iyalaaaah, saya kan masih pakai no Indonesia.. :((

Saya cerita ke Kanjeng Mami, ya dia panik juga lah.. Oya, waktu Mas Luhur tanya saya udah sampe mana, saya ga bisa jawab dan semacam pengen teriak "YAA MANA GUE TAUUUU INI UDAH SAMPE MANAAA"  Hahaha, kacau!

Lalu.. Di suatu jalan entah dimana.. Saya lihat suatu gedung bertuliskan RAPA (Radio Promotion Asociation)..

Saya : Bu, itu kok tulisannya RAPA? Kita kan workshopnya di situ?

Kanjeng Mami : ah masa sih? emang iya disitu?

Gak lama kemudian, bus berhenti di shelter yang gak jauh dari gedung RAPA. Lalu muncullah seorang Mbak cantik yang berdandan rapi ala orang kantoran yang menyambut kami.. Kami disuruh turun di situ. Walopun masih bingung, but at least liat Mbak Cantik itu pake name tag RAPA, saya ngerasa tenang. Terus kami kenalan, nama Mbak Cantik itu Soura Moon. Lalu Mbak Soura menjelaskan kalau kami akan ke Embassy dengan bus yang telah disediakan RAPA.

Owalaaaah...

Jadi, setelah turun dari Airport Bus, kami pindah ke bus yang lebih kecil termasuk Mbak Soura. Iya, dia ikut ke dalam bus kecil itu. Dia nganterin kami ke Embassy, sampe ikut masuk ke dalem dan nunggu tanda tiba selesai di cap. Alhamdulillah..

Yaelaaah, coba aja si Mbak Rok Mini di bandara tadi mbok ya jelasin.. kalo  ke Embassy-nya tuh nggak langsung, melainkan ke kantor RAPA dulu, trus ganti bus, trus dianterin panitia dari situ.. Ckck.. Hahaha.. eh tapi salah kami juga sih kenapa selama nunggu 20 menit gak ngobrol banyak.. malah diem main gadget masing-masing.. eh tapi kan kami pikir dia adalah panitia yang akan mengantar kami ke Embassy.. *tetep gak mau disalahin..* Hahaha

Yak. Satu hutang terlunasiii..Next post bakalan cerita kegiatan wokrshop hari pertama. Sabar yaaa.. 

Cheers,

Tiari (yang malu bertanya sesat di jalan)

4 comments:

  1. maaf kalau roamingnya mahal >.<

    ReplyDelete
  2. maaf kalau tidak banyak membantu >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Ariiipp..

      Kok komennya anonymous?? Ckck..

      Makasih banyak yaaa.. :)

      *injeeeeek

      >.<

      Delete
  3. diinjek lagi >.<

    ReplyDelete

i'm so glad if you comment this post. But no 'Anonymous' please..
thank's.. :)

Instagram @tiariph