Daisypath Anniversary tickers

Monday, August 20, 2012

Unpredictable Jogja Part One : 6-9 Juli 2012

Dan ahirnya gue mulai melunasi hutang-hutang posting. Capek juga nih, rasanya kayak dikejar-kejar apaaaa gitu. Emang paling enak tuh posting langsung yaaa.. Baiklah, tak usah banyak cakap. Markipos!

Alkisah, tanggal 6-9 Juli 2012 lalu gue dinas ke Jogja. Untuk pertama kalinya gue ke Jogja dalam rangka dinas kantor. Setiap tahun gue selalu ke Jogja dalam rangka silaturahim lebaran bersama keluarga. Dinas kali ini, bisa dibilang dinas nggak dinas sih.. karena acaranya lebih banyak ke jalan-jalan.. x)

Rombongan kami berangkat dari Stasiun Gambir dengan menggunakan Kereta Argo Lawu pukul 21.00. Kami menyewa 2 gerbong kereta, kebayang dong ramenya kayak apa. Kita kayak bocah-bocah yang mau study tour. Hahaha. Kami ke Jogja dalam rangka Dies Natalis ke-27 Sekolah Tinggi Multimedia "MMTC", salah satu UPT milik Kemkominfo. Sesampainya di Jogja, rangkaian acara dan petualangan pun dimulai. :)

Seminar Sehari
Acara Dies Natalis ini dibuka dengan Seminar Sehari yang bertema "Masa Depan dan Tantangan Perkembangan Penyiaran Digital dan Konvergensi TIK" dengan keynote speech Menteri Komunikasi dan Informatika RI : Bapak Tifatul Sembiring. Selain beliau juga masih ada para narasumber yang memang kompeten di bidangnya. Selain seminar, BEM MMTC juga ngadain macam bazar gitu, banyak stand-stand unyu di sana.

Kominfo Goes to Mall
Salah satu program kerja kemkominfo adalah Kominfo Goes to Mall yang tujuannya untuk mensosialisasikan penggunaan internet sehat dan aman untuk masyarakat khususnya pelajar dan mahasiswa. Kominfo Goes to Mall kemarin diadakan di Galeria Mall atau kata mbak Anik lebih dikenal dengan "Gale". Selama perjalanan dari MMTC ke Gale, gue sangat menikmatinya. Masih excited aja gitu, ahirnya gue ke Jogja bukan pas libur lebaran kaya biasanya.

Tour MMTC
Sepulangnya dari Gale, acara selanjutnya adalah semacam tour keliling MMTC gitu. Acara ini khusus untuk para anak baru (termasuk gue). Dasar kami anak-anak bandel, selama tour itu bukannya dengerin tour guide, kami malah becanda dan foto-foto mulu.. Yang dengerin tour guide cuma seorang : Mas Karman. -_____-"

Makan bakmie godhog di foodcourt depan MMTC
Malemnya, karena kami udah pada capek gak ada tenaga lagi untuk jalan-jalan #LEBAY, maka kami makan ke tempat yang deket aja. Di sebrang MMTC yang terletak di Jl. Magelang Km. 6, ada IndoGrosir dan di atasnya ada semacam foodcourt gitu. Maka kami memutuskan untuk makan di situ sekalian belanja cemilan. Gue sendiri milih makan bakmie godhog yang pedes, segeeeeerr..

Nginep di Asrama MMTC
Tempat peristirahatan kita selama di Jogja ini adalah di Asrama MMTC. Tempatnya lumayan bagus kok, dan yang terpenting bersih. Kamarnya cukup luas, ada spring bed ukuran single 2 biji, lemari, meja belajar 2, tv, ac, balkon, tempat jemuran, kamar mandi. Yaaah mirip-mirip dengan hotel bintang 2 atau 3  lah. Oh ya, asrama MMTC juga boleh disewakan untuk umum loh. Ratenya pun muraaaah banget, cuma 100ribu/malem. Dibanding dengan guest house di daerah Prawirotaman, dengan harga yang sama jelas fasilitasnya mending asrama MMTC kemana-mana. Cuma mungkin agak jauh yaaa, karena arahnya udah ke Sleman.. hehehe..

Jalan Sehat
Keesokan paginya, acara selanjutnya adalah acara Jalan Sehat. Gue bangun telat tapi tetep dong, gue dan Mbak Ririn (temen sekamar) nyusul rombongan yang udah lumayan jauh. Hahaha, niat banget dong kita. Jangan sampe baju olah raga dan sepatu yang udah berat kita bawa dari Jkt gak kepake. Tetep yeee, gak mau rugi. :))

Bu Nur - Mbak Runi - Mbak Ririn

Jalan-jalan ke Kaliurang
Setelah acara jalan sehat, agenda kita bebas! Yeaaay! Pihak MMTC menyediakan dua bus untuk dipakai jalan-jalan. Kami pun menyusun itinerary khusus hari ini. Setelah berunding sebentar, kami memutuskan untuk ke Kaliurang dan Malioboro. Tujuan Kaliurang kali ini adalah untuk ke Desa bekas letusan Merapi, ke Desanya Mbah Maridjan dulu. Kan desanya sekarang jadi objek wisata. Awalnya gue semangat. Ketika sampai di sana dan ternyata tempatnya sangat berdebu, gue jadi kurang semangat. Hahaha. Gue males debunya karena gue inget paru-paru gue yang beberapa bulan kemarin sempet bikin heboh, maka gue gak ikut naik ke Desa Mbah Maridjan. Huhuhu padahal pengen banget. Untuk bisa kesana, kita bisa nyewa ojek sebesar Rp.20.000,-. Dan ternyata para cewek-cewek pun banyak yang gak naik dan kita cuma foto-foto aja di bawah. :)

Makan di House of Raminten
Pulang dari Kaliurang, kami mampir makan di House of Raminten yang masih di Jalan Kaliurang (Jakal) juga, tapi lupa KM berapa. Menurut gue, untuk ukuran makan di Jogja, di sini agak mahal ya bok.. Tapi wajar sih karena emang di jalur objek wisata yang biasanya harganya agak dimahalin dikit. Tempatnya pun enak kok, interiornya jadul-jadul gitu.. Adem pula suasananya..

Belanja di Mirota Kaliurang
Perut kenyang, hati senang, belanja pun riang. Tepat di sebelah House of Raminten adalah Mirota Batik (toko batik yang terkenal itu) cabang Kaliurang. Melipirlah kita kesana. Enaknya ke Mirota Kaliurang adalah karena gak penuh, milihnya lebih leluasa, gak kayak Mirota Malioboro yang penuhnya masya Alloh! Di sana gue beli blazer batik dan dua buah sajadah batik yang cantik banget warnanya. Sorry for no pic yaaa...

Belanja lagi di Malioboro
Dasar kita pada hobi ngabisin duit, udah pada belanja di Mirota Kaliurang tetep aja rasanya belom ke Jogja kalo belom ke Malioboro. Maka meluncurlah kita ke sana. Oiya, karena kita kesana bertepatan dengan liburan anak sekolah, maka jalan-jalan di Jogja pun macetnyaaa.. *yakali dinas apa liburan* :)) Di Malioboro gue beli handbag anyaman gitu dan tiga baju batik yang belinya di Mirota Malioboro.. Yasalaaam... *nyengir lebaaar*. Sayangnya jalan-jalan di Maioboro kita kurang gereget karena harus segera balik ke MMTC untuk mengikuti acara selanjutnya.

Hari terakhir di Jogja
Acara bebas lagiiii.. Kita susun itinerary lagi. Karena kami harus kembali sebelum maghrib, maka atas permintaan temen-temen acara hari ini akan dikhususkan untuk belanja. Agenda kami hari ini : makan di Jejamuran, Mirota Kaliurang dan Malioboro lagi. Yasalaaaaaaaaaaaaam.. -______-"

Mirota Kaliurang (lagi)
Kali ini gue gak belanja lagi, di sini pun cuma bentar. Jadi, temen gue udah suka sama barang di sini kemarin, tapi dia pikir karena kemarin kita mau ke Malioboro juga dan di Malioboro ada Mirota juga, maka dia berniat beli yang di Malioboro aja. Sialnya, ternyata di Malioboro gak ada barang yang dimaksud dan dia udah terbayang-bayang sama barang itu. Hingga akhirnya dia minta balik lagi ke Mirota Kaliurang untuk segera menyelamatkan barang tersebut ke pangkuannya.

Makan enak & murah di Jejamuran
Nah kalo yang ini gue suka nih. Jejamuran ini adalah nama resto yang khusus menjual aneka olahan jamur. Mereka membudidayakan jamurnya sendiri, makanya harganya murah. Rasanya pun enaaaakk.. Asli, bikin nangih banget makan di sini.

Suasana di dalem resto

Budidaya Jamur

Makanan yang gue pesen :

Sate Jamur

Tongseng Jamur

mint ice tea dari surga. Enak bangeeet.

Sekenyangnya dari Jejamuran, tujuan selanjutnya adalah Malioboro lagi. Menurut temen-temen gue, mereka masih belom puas ke Malioboro yang kemarin karena diburu-buru cepet kembali ke MMTC. Sejujurnya gue udah males banget kalo ke Malioboro lagi karena dari tahun ke tahun Malioboro ga pernah ada perubahan, gitu terus.

Selama di Jogja ini, gue ngehubungin beberapa temen gue yang tinggal di Jogja. Setahu gue sih, ada tiga temen gue yang sekarang tinggal di Jogja, yaitu Wati (temen kuliah), Nene (temen SMA), dan Fajar (mantan temen aja). Wati kabarnya baru balik dari diopname di RS. Dia tinggal di Jogja cuma berdua suaminya dan lagi hamil 6 bulan. Nene lagi sibuk nyiapin ujian kompre. Sedangkan Fajar saat itu lagi gak di Jogja. Harapan satu-satunya ya si Nene. Maka gue ajak ketemuan Nene saat itu juga yang alhamdulillahnya Nene bisa.

Ketemuan sama Nene di Jogja : unpredictable!
Saat gue ngehubungin Nene, gue otw menuju Malioboro. Waktu Nene menyanggupi untuk menyelamatkan gue, gue ada di deket Tugu dan langsung disuruh turun di situ juga. Karena kalo gue udah masuk ke daerah Malioboro bakal macet banget dan Nene males kalo macet. Ya sudah, atas perintah Nene gue langsung misah dari rombongan dan nungguin Nene di pinggir jalan. 20 menit kemudian Nene dateng dan lupa gak bawa helm 2. Akhirnya kita baru ketemu bentar dan dia balik lagi ke Kost untuk ngambil helm 1 lagi. Ckck.

Karena kita berdua abis makan, kita bingung lah mau kemana. Yang jelas kita pengen ke tempat yang cozy untuk ngobrol lamaaa banget. Gue sama Nene udah lama banget ga ketemu, bahkan kita pun gak ada yang inget kapan kita terakhir ketemu. Kita deket sejak kelas 1 SMA, dipertemukan oleh ekskul yang sama dan dilanjutkan dengan kelas yang sama saat kelas 2 SMA, lalu kelas bimbel yang sama saat kelas 3 SMA. Lalu Nene pindah ke Jogja karena kuliah di UGM. Makin jarang lah kita ketemuan. Waktu Nene baru masuk UGM dulu, gue pernah janji sama dia someday gue bakal ngunjungin dia ke Jogja. Dan motivasi gue dulu adalah karena gue punya pacar yang kuliah di Jogja. Jadi sekalian ngunjungin Nene, ngunjungin pacar gue jugaaa.. Hehehehe. Since gue putus sama pacar gue, semangat ke Jogja makin pudar. Pudar karena gue gak pernah berhasil nabung untuk jalan-jalan sendiri ke Jogja. Maklum, anak kuliah yang dikasih uang saku perhari, susah banget untuk nabung.. :))

Dan ahirnya gue nepatin janji gue untuk ngunjungin Nene di Jogja, dibayarin kantor pula. Alhamdulillaaaahh.. Injury time banget, karena minggu depannya Nene mau yudisium dan akan pindah ke Bandung lagi. Hahaha, at least gue nepatin janji gue.. :')

Nene ngajak gue nongkrong di Warung Kopi Semesta, konon katanya ini salah satu tempat ngopi yang hits di kalangan mahasiswa Jogja. Tempatnya enak, harganya terjangkau, dan gak bakal diusir untuk ngobrol lama, buka 24 jam pun. Asoy dah. Kita pun ngobrol sampe bego di sana, sampe gak kerasa udah jam 5 sore aja.. Lalu kita cabut untuk mampir beli oleh-oleh bakpia pathok 75 dulu, terus Nene nganterin gue ke asrama lagi. Oiya, gak lupa foto-foto dulu sama Nene dong!

Kembali ke Jakarta
Sekitar abis Maghrib, Nene pamit pulang dari asrama MMTC. Dan gak lama dari itu, rombongan gue pun check out dari asrama untuk menuju Stasiun Tugu, naik kereta Taksaka jam 20.00. Dan dinas + liburan kami pun berakhir. Rasanya capeeeeek tapi alhamdulillah senengnya lebih banyak. :D

Sampai jumpa di dinas+liburan selanjutnya!