Thursday, July 4, 2013

Seoul Trip Day 7 - EMC Compliance : good company, good people, good team.

Hari ketujuh, kita dibagi dalam 3 tim. Satu tim terdiri dari 4 orang. Setiap tim akan mengunjungi Balai Uji yang dikelola oleh pihak swasta. FYI, Korea punya banyak balai uji, lebih dari 20. Sementara Indonesia baru punya 2; di MCIT dan PT Telkom. :)

Alhamdulillah saya dapet tim asyik : Khairul dari Brunei, Sakda dari Kamboja, dan Moon dari Laos. Pemandu tim saya juga seru : Mr. J. Yeaaay! Ganteng bok.. :))

Tim kami berkunjung ke EMC Compliance yang terletak di Kota Suwon, sekitar 1,5 jam dari Seoul. Suwon ini juga dikenal dengan Samsung City, karena pabrik Samsung yang gede banget itu adanya di Suwon. jadi, di antara area pabrik Samsung yang gede banget, EMC Compliance ada di tengah-tengahnya.. Dari gedung EMC Compliance, kita bisa lihat bus karyawan Samsung yang jumlahnya lebih dari 100 bus! *Mini Kim ngaku udah pernah ngitung O_O

Di EMC Compliance sebenarnya ga beda jauh sama kemarin. Kita diperkenalkan cara-cara mereka mereka menguji perangkat, bukan cuma perangkat telekomunikasi aja. Tapi juga termasuk perangkat rumah tangga, pokoknya apapun deh.. Intinya, kenapa suatu perangkat perlu diuji adalah untuk memastikan apakah perangkat itu aman untuk lingkungan dan tubuh manusia, juga apakah lingkungan aman terhadap perangkat itu.. :)

Mini Kim lagi jelasin pengujian hp terhadap tubuh manusia



Khairul lagi menguji CCTV kamera

Besi bentuk tabung yang deket tangan kanan Khairul itu berat loh.. Nanti besi itu akan dijatuhkan ke kamera CCTV itu, untuk menguji kacanya akan pecah atau gak.. As we know, maling yang nekad biasanya bakal mukul kamera CCTV.. :)


saya mau nguji lampu neon. tapi apanya yang diuji ya? Lupaaaa.. >.<





Mau nguji "apanya" kamera.. *lupa lagi*

Kami break makan siang di suatu resto deket situ. Saya perhatiin, karena ini di kawasan industri, jadi waktu lunch hampir semua resto penuh sama karyawan.. Sayang banget waktu lunch saya gak foto-foto.. 

Ada satu yang saya suka dari temen-temen EMC Compliance, mereka benar-benar menghormati saya dan Khairul yang muslim. Kalau akan pesan makanan, mereka akan tanya dengan sangat detail apa yang boleh dan tidak boleh kami makan atau minum. Supaya aman, saya dan Khairul selalu pesan seafood. Ketika makanan dihidangkan, surprise, ternyata mereka semua dipesankan makanan yang sama dengan kami. Waktu habis makan juga gitu, biasanya mereka ngajak bersulang soju atau apa pun yang Muslim ga boleh minum. Tapi kali itu, Mini Kim menggantinya dengan kopi. Jadi kita bersulang kopi. So sweet.. :)

Saya sangat amaze waktu itu. Mereka sangat menghargai dan menghormati kami dengan memakan makanan yang sama. Selama ini, kalo makan bareng panitia, mereka nggak pernah nanya kita boleh makan dan minum apa. Mereka pesen-pesen aja, kalo makanannya udah dateng, baru deh kita tanya-tanya itu bahannya apa. Ada beberapa makanan yang terpaksa dicancel karena ternyata mengandung babi..

Sorenya, Mini Kim dan Emily ngajak kami jalan-jalan ke Suwon Traditional Market.. Saya pikir apa maksudnya ya ini diajak ke pasar? Ternyata mereka memang ingin memperkenalkan pusat keramaian kota Suwon.. Lah saya mah seneng aja kalo diajak jalan-jalan mah.. :)




Oiya, waktu baru sampai di pasar, Mini Kim beliin kami kue gitu.. Tau aja deh cuacanya lagi dingin dan bikin cepet laper.. Kuenya semacam roti goreng yang isinya kacang merah.. Rasanya enak, pas dimakan waktu dingin gitu. Sebelum memberikan kue itu, dia memastikan dulu kalo saya dan Khairul boleh makan itu.. :')










ini apa cobaaaa? :)

kita dibeliin oleh-oleh Nori

funny Mr. J

Abis keliling pasar, kami early dinner di salah satu resto deket situ..Kata Mini Kim, kami pesan "Korean Pizza" yang seafood dan kimchi. Tetep yeee, walopun udah dioleh gitu, saya gak suka kimchiii.. Ada minuman yang terkenal dari resto itu, minumannya hasil fermentasi dan kalo kebanyakan bisa memabukkan. Waktu itu Mini Kim izin ke kami dulu dong, is it ok kalo mereka pesen itu? Sweet banget kaaann.. :)
 


Selama makan, kami ngobrol macem-macem. Mr. J yang bikin suasananya jadi seru. Dia selalu punya bahan obrolan yang menarik.. Asyik deh orangnya.. bahasa Inggrisnya fasih banget pula, lulusan Amrik gituuu.. :)

Kita juga main "three six nine", yang kalah harus pilih "truth or dare". Saya pernah kalah sekali, saya pilih truth dan pertanyaannya gampang banget. yang paling GONG adalah waktu Emily kalah, karena semua orang udah pilih truth, khusus untuk Emily dia harus pilih dare, dan hukumannya adalah dia harus joged Gangnam Style. Boook, bener dong itu dia joged aja dengan iringan lagu dari HP-nya si Moon.. Dari situ, suasana kita makin cair, ketawa ngakak sampe sakit perut. Semua orang terasa begitu menyenangkan.. :D


We are the BEST team!
Mr. J selalu bilang "i'm sure we are the best team! do you know why? because of me!" tapi emang bener juga sih.. Di antara semua pemandu, cuma Mr. J yang paling gampang akrab dan seru.. :)


Moon!

me with Emily "Gangnam Style" :))



Selesai early dinner, kami diantar balik ke Seoul. Perjalanan pulangnya lumayan macet.. Di jalan saya malah merenung *halah*..  Saya baru ngerasa enjoy yang bener-bener enjoy di hari ke-7 ini.. Dan saya bersyukur banget bisa dikasih kesempatan ikut workshop ini.. Saya ngerasa beruntung, karena seharusnya yang berangkat kan bukan saya.. Saya ngerasa Alloh tuh baiiiik banget.. Selalu memudahkan setiap jalan yang saya pilih.. Alhamdulillah.. :)

Cheers,

Tiari

1 comment:

  1. kumaha kok hilap semua :D

    itu makanannya ulat sutra goreng :D

    ReplyDelete

i'm so glad if you comment this post. But no 'Anonymous' please..
thank's.. :)

Instagram @tiariph